Wisata Gunung Bromo

Wisata gunung bromo

Wisata Gunung BromoKeindahan dan Cerita di Balik Kawasan Wisata Gunung Bromo, merupakan salah satu wisata yang menyajikan keindahan panorama pegunungan yang sejuk dan alami. Gunung bromo terletak di desa tengger dan uniknya masuk dalam wilayah empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo. Gunung Bromo merupakan wilayah pegunungan yang ternyata masih aktif. Kawasan ini merupakan salah satu kebanggasn di Indonesia karena sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri tetapi terkenal juga di mata dunia. Yang paling menarik dari kawasan wisata mendunia ini adalah keindahan sunrisenya yang betul-betul memikat. Selain itu banyak cerita-cerita unik dan upacara-upacara tradisi kuno yang masih dijalankan di sana. Berikut ini adalah beberapa keunikan Wisata Gunung Bromo yang membuat para pelancong wisata terus membuat Bromo menjadi kawasan Wisata yang akan terus dikunjungi.

  • View Point 1 Atau Penanjakan 1 Bromo

Pesona alam Bromo tidak diragukan lagi mampu membuat decak kagum bagi siapapun yang memandang. Bromo diakui sebagai tempat yang mampu menyajikan suasana sunrise yang indah. Pesona sunrise dapat Anda nikmati di puncak gunung cantik ini. Untuk mencapai puncak Kawasan Bromo Anda harus mendaki gunung Bromo. Pendakian ini juga disebut dengan view point 1 atau penanjakan 1 Bromo. Pada penanjakan ini, Anda akan disuguhi pemandangan-pemandangan hijau sejuk dan suasana dingin gunung yang tenang. Mendaki gunung ini bisa menjadi sarana pelepas penat atas aktivitas sehari-hari. Meskipun melelahkan, semua akan terbayar ketika Anda bisa melihat puncak gunung Bromo. Puncak gunung ini membuat Anda dapat melihat view padang savanna Bromo, wisata pasir berbisik di Bromo dan sunrise yang memukau.

  • View Penanjakan 2 Bromo – Seruni Point

Penanjakan 2 terletak di dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Penanjakan 2 ini merupakan alternatif kedua untuk melihat sunrise di gunung Bromo.  Penanjakan kedua ini merupakan penanjakan menuju titik tertinggi untuk melihat sunrise dan juga merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan keindahan gunung Semeru, gunung Batok, dan gunung Kursi. Belum banyak yang mengetahui tempat ini karena penanjakan ini rawan dengan longsor. Selain itu, untuk mencapai penanjakan ini kita perlu naik jeep dan harus berjalan kaki sekitar 20 menit. Akan tetapi, pemandangannya tidak kalah degnan view point 1.

  • Kawah Gunung Bromo

Selanjutnya, Anda juga dapat menyaksikan langsung kawah gunung Bromo yang masih aktif. Untuk mencapai kawah gunung Bromo, Anda akan menaiki mobil jeep khusus. Kemudian Anda akan berjalan kaki sepanjang 2km. Setelah itu Anda akan menemukan sebuah tangga dengan jumlah Anak tangga sekitar 250an. Selain itu, alternatif lain, yaitu Anda dapat menaiki kuda yang akan membawa Anda melewati pura suci suku tengger. Di kawah gunung ini akan dapat melihat secara langsung lubang kawah yang membuktikan keaktifan gunung ini. Lalu Anda juga akan dimanjakan lagi dengan pemandangan gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi di Jawa dan kawasan lautan pasir yang menawan.

  • Padang Savanna

Pesona Alam selanjutnya yang dapat Anda nikmati ketika ada di wisata alam gunung Bromo, yaitu padang savanna yang terkenal. Padang savanna ini merupakan hamparan rumput hijau yang sangat luas dengan hembusan semilir angin yang siap memanjakan mata dan menenankan pikiran Anda.

  • Pasir Berbisik

Berikutnya, tidak jauh dari padang savanna ini Anda dapat menemukan sebuah lautan pasir, yang sering disebut pasir berbisik. Di sini  Anda dapat melihat view perbukitaan di sepanjang lautan pasir berbisik ini. Tempat ini dinamai Pasir Berbisik setelah film dengan nama yang sama menggunakan latar tempat ini.

Wisata Gunung Bromo